About Me

Foto Saya
Affan's ErpEeL
Lihat profil lengkapku

SMS Gratis

Anda Pengunjung ke-

Free Counter
Free Counter Counter
Selasa, 05 Oktober 2010

CommandButton Abjad

CommandButton Abjad

Untuk membuat tombol yang berurutan dari A hingga Z, bila kita melakukannya secara manual, berarti kita harus membuat 25 buah command button dengan caption yang berbeda, tentu hal ini akan membutuhkan waktu. Maka disini akan saya berikan cara membuat deretan command button dari A hingga Z dengan menggunakan kode program.

Langkah-langkanya sebagai berikut:

1. Buatlah sebuah commandbutton pada form dengan memberikan properti index dengan nilai “0” dan caption “A”.
2. Ketikkan kode berikut pada procedure Form_Load

For i = 1 To 25
Load Command1(i)
Command1(i).Left = Command1(i - 1).Left + Command1(0).Width
Command1(i).Caption = Chr(vbKeyA + i)

Next i


Dalam program ini kita memanfaatkan perulangan For...Next yang digunakan untuk membuat tombol-tombolnya. Perulangan dilakukan sebanyak 25 karena jumlah abjadnya ada 26 kita kurangi 1 karena sudah kita buat secara manual.
Perintah “Load Command1(i)” berfungsi untuk memuat atau membuat commandbutton selanjutnya dengan property name Command dan dengan index “i”.
Langkah selanjutnya program akan mengatur property Left pada tombol yang baru berdasarkan jarak kiri commandbutton sebelumnya ditambahkan dengan nilai property Width commandbutton sebelumnya.
Untuk memberikan nilai caption-nya kta menggunakan fungsi Chr dengan parameter nilai ASCII dari A (vbKeyA) ditambah dengan nilai “i”.
Bila kita selesai sampai disini maka tombol yang kita buat belum bisa tampil pada saat program kita run, sehingga kita perlu mengatur nilai visible-nya menjadi true. Untuk itu tambahkan kode berikut sebelum perintah “Next i”.

Command1(i).Visible = True

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Translate this page in

Powered by Translate